Thursday, August 10, 2017

Pengertian Jerawat dan Faktor Penyebabnya

Pengertian jerawat dan faktor penyebabnya

Jerawat merupakan salah satu gangguan kulit yang sangat ditakuti oleh kalangan anak muda khususnya saat memasuki masa pubertas. Biasanya masa pubertas akan ditandai dengan munculnya jerawat pada wajah, hal ini jelas sangat mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri.

Namun, banyak dari mereka justru kurang memahami tentang jerawat sehingga tidak bisa mengantisipasi sebelum timbulnya jerawat. Padahal jika kita mengetahui tentang jerawat dan cara mencegahnya, maka kita akan terhindar dari gangguan jerawat.

Nah.. untuk membantu kalian dalam menambah wawasan mengenai jerawat sehingga dalam artikel ini saya akan menjelaskan pengertian jerawat secara detail yang saya ambil dari berbagai sumber untuk pengetahuan kalian. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Yang Ampuh Tanpa Bekas

Pengetahuan Jerawat

Jerawat adalah gangguan kulit yang biasanya ditandai dengan timbulnya bintik-bintik pada wajah, leher, punggung dan dada.

Bintik-bintik tersebut bisa berupa komedo hitam maupun komedo putih, bahkan sampai pada bintik-bintik yang tergolong parah karena bintik-bintik tersebut mengandung nanah. Jenis jerawat yang tergolong parah ini yang dapat menimbulkan rasa sakit dan biasanya akan meninggalkan bekas luka.

Faktanya, jerawat yang sering dialami adalah yang timbul pada wajah. Jerawat sebenarnya adalah kondisi normal yang pada umumnya sebagian besar orang pasti pernah mengalaminya.

Faktor Penyebab Jerawat

Jerawat kebanyakan terjadi pada seseorang yang berusia dibawah 28 tahun. Dan usia yang paling rentan terkena gangguan jerawat adalah mereka yang berusia antara 14 hingga 19 tahun.

Lalu apa sebenarnya faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat?

1. Masa Pubertas

Jerawat terjadi karena adanya perubahan hormon yang terjadi pada masa pubertas, sehingga berdampak pada kelenjar penghasil minyak atau sebum akan meningkat drastis. Peningkatan produksi sebum yang terjadi pada area wajah ini akan menumpuk kemudian bercampur dengan kotoran yang menempel pada wajah dan sel kulit mati.

Penumpukan tersebut akan mengakibatkan pori-pori tersumbat dan di sisi lain Propionobacterium acnes atau bakteri penyebab jerawat akan berkembang sangat cepat. Bakteri ini akan melepaskan zat iritan yang akan membuat kulit iritasi.

Kulit yang teriritasi ini akan memerah dan membengkak, bahkan sampai ada kasus sampai menyebabkan timbulnya nanah dibalik kulit.

2. Karena Keturunan

Keturunan juga salah satu faktor penyebab seseorang berjerawat. Artinya, jika kedua orang tua mengalami kulit berjerawat, maka kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami hal yang sama.


3. Hamil dan Menstruasi

Jerawat juga bisa terjadi pada wanita saat sedang menstruasi dan pada masa kehamilan. Biasanya jerawat akan muncul pada saat menjelang menstruasi dan pada tiga bulan pertama masa kehamilan.

4. Salah Memilih Kosmetik

Efek samping dari penggunaan kosmetik juga menjadi penyebab jerawat. Dikarenakan kandungan kosmetik tersebut yang tidak cocok dengan kondisi kulit sehingga terjadi iritasi pada kulit.

5. Karena Merokok dan Stress

Seseorang yang merokok dan terlalu stress akan mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

Itulah penjelasan mengenai pengertian jerawat dan faktor penyebabnya. Dengan mencoba gaya hidup sehat dengan menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab jerawat, maka kita akan terhindar dari kulit berjerawat.



Disqus Comments